Memberi Nama Bayi / Anak Secara Islami


Meski sastrawan Inggris, Shakespeare, berkata “What’s in a name?” Apalah arti sebuah nama? Namun dalam Islam, nama itu penting.

Seorang teman ada yang dinamakan orang tuanya nama yang kurang bagus, namun karena malu begitu SMP namanya dirubah jadi lebih baik. Ada pula yang dinamakan Letoy (lemas). Anak bisa malu atau rendah diri jika namanya buruk dan teman-temannya memanggilnya dengan namanya yang buruk.

Untuk itu Nabi memerintahkan agar para orang tua memberi nama anaknya dengan nama yang baik:

Seorang datang kepada Nabi Saw dan bertanya, ” Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi Saw menjawab, “Memberinya nama yang baik, mendidik adab yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatirnu).” (HR. Aththusi).

Nabi pernah merubah nama yang artinya buruk, Barrah, menjadi Zainab:

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata:

Semula nama Zainab adalah Barrah. Orang mengatakan, ia membersihkan dirinya. Lalu Rasulullah saw. memberinya nama Zainab. (Shahih Muslim No.3990)

Hendaknya memberi nama (tasmiyah) dilakukan pada saat aqiqah, yaitu menyembelih 2 ekor kambing untuk anak lelaki dan seekor kambing untuk anak perempuan:

Setiap anak tergadai dengan (tebusan) akikahnya (seekor atau dua ekor kambing) yang disembelih pada umur tujuh hari dan dicukur rambut kepalanya (sebagian atau seluruhnya) dan diberi nama. (HR. An-Nasaa’i)

Nabi melarang ummatnya untuk memberi nama dengan gelarnya: Abu Qosim:

Dari Anas bin Malik ra., ia berkata:

Seseorang menyapa temannya di Baqi: Hai Abul Qasim! Rasulullah saw. berpaling kepada si penyapa. Orang itu segera berkata: Ya Rasulullah saw, aku tidak bermaksud memanggilmu. Yang kupanggil adalah si Fulan. Rasulullah saw. bersabda: Kalian boleh memberi nama dengan namaku, tapi jangan memberikan julukan dengan julukanku. (Shahih Muslim No.3974)

Sebaliknya, Nabi menganjurkan agar kita memberi nama anak kita dengan nama Nabi, yaitu: Muhammad:

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata:

Abul Qasim, Rasulullah saw. bersabda: Berikanlah nama dengan namaku, tetapi jangan memberikan julukan dengan julukanku. (Shahih Muslim No.3981)

Dari Jabir bin Abdullah ra., ia berkata:

Seseorang di antara kami mempunyai anak. Ia menamainya dengan nama Muhammad. Orang-orang berkata kepadanya: Kami tidak akan membiarkanmu memberi nama Rasulullah saw. Orang itu berangkat membawa anaknya yang ia gendong di atas punggungnya untuk menemui Rasulullah saw. Setelah sampai di hadapan Rasulullah saw. ia berkata: Ya Rasulullah! Anakku ini lahir lalu aku memberinya nama Muhammad. Tetapi, orang-orang berkata kepadaku: Kami tidak akan membiarkanmu memberi nama dengan nama Rasulullah saw. Rasulullah saw. bersabda: Kalian boleh memberikan nama dengan namaku, tetapi jangan memberi julukan dengan julukanku. Karena, akulah Qasim, aku membagi di antara kalian. (Shahih Muslim No.3976)

Haram menamakan anak dengan nama Allah seperti Malikul Amlak dan Malikul Mulk (Raja Segala Raja) karena itu adalah nama Allah. Jangan memberi nama anak dengan nama-nama Allah:

Dari Ibnu Umar ra, Nabi bersabda: Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah (Hamba Allah) dan Abdurrahman (Hamba Yang Maha Pengasih) [HR Muslim]

Dari Abu Hurairah ra.:

Dari Nabi saw., beliau bersabda: Nama yang paling jelek di sisi Allah adalah seorang yang bernama Malikul Muluk. Ibnu Abu Syaibah menambahkan dalam riwayatnya: Tidak ada malik (raja) kecuali Allah Taala.. (Shahih Muslim No.3993)

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna” [Al A’raaf:180]

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik)” [Thaahaa:8]

Sebaliknya Nabi memberi nama-nama Nabi seperti Ibrahim kepada seorang anak.

Dari Abu Musa ra., ia berkata:

Anakku lahir, lalu aku membawanya kepada Nabi saw., beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya (mengolesi mulutnya) dengan kurma. (Shahih Muslim No.3997)

Sebaiknya nama adalah Abdul (Hamba) dengan Asma’ul Husna (99 Nama Allah yang baik) seperti Abdullah (Hamba Allah), Abdurrahman (Hamba Maha Pengasih), Abdul Hakim, Abdul Hadi, dan sebagainya:

Dari Aisyah ra., ia berkata:

Asma binti Abu Bakar ra. keluar pada waktu hijrah saat ia sedang mengandung Abdullah bin Zubair. Ketika sampai di Quba’, ia melahirkan Abdullah di Quba’. Setelah melahirkan, ia keluar menemui Rasulullah saw. agar beliau mentahnik si bayi. Rasulullah saw. mengambil si bayi darinya dan beliau meletakkannya di pangkuan beliau. Kemudian beliau meminta kurma. Aisyah ra. berkata: Kami harus mencari sebentar sebelum mendapatkannya. Beliau mengunyah kurma itu lalu memberikannya ke mulut bayi sehingga yang pertama-tama masuk ke perutnya adalah kunyahan Rasulullah saw. Selanjutnya Asma berkata: Kemudian Rasulullah saw. mengusap bayi, mendoakan dan memberinya nama Abdullah. Tatkala anak itu berumur tujuh atau delapan tahun, ia datang untuk berbaiat kepada Rasulullah saw. Ayahnya, Zubair yang memerintahkan demikian. Rasulullah saw. tersenyum saat melihat anak itu menghadap beliau. Kemudian ia membaiat beliau. (Shahih Muslim No.3998)

Jika memakai nama seperti itu, hendaknya jika kita menyingkat nama anak, panggilah dengan Abdul (Hamba). Bukan memanggilnya dengan nama Allah seperti Hadi, ‘Alim, dan sebagainya. Jika tidak, panggil namanya dengan lengkap seperti Abdul Hadi.

Dari Sahal bin Saad ra., ia berkata:

Al-Mundzir bin Abu Usaid, ketika baru dilahirkan, dibawa menghadap Rasulullah saw. Beliau meletakkan di pangkuannya sedangkan Abu Usaid duduk. Lalu perhatian Nabi saw. tercurah pada sesuatu di depan beliau. Maka Abu Usaid menyuruh seseorang mengangkat anaknya dari atas paha Rasulullah saw. dan memindahkannya. Ketika Rasulullah saw. tersadar, beliau bertanya: Mana anak itu? Abu Usaid menjawab: Kami memindahkannya, ya Rasulullah saw. Rasulullah saw. bertanya: Siapa namanya? Abu Usaid menjawab: Fulan, ya Rasulullah saw. Rasulullah saw. bersabda: Tidak, tetapi namanya adalah Mundzir. Jadi, pada hari itu, Rasulullah saw. memberinya nama Mundzir. (Shahih Muslim No.4002)

Meski ada yang berkata bahwa memberi nama bisa dalam bahasa apa saja bukan hanya Arab, namun saya pribadi beranggapan dalam bahasa Arab lebih baik karena bahasa Arab merupakan bahasa umum/persatuan yang dipakai ummat Islam. Artinya bisa dipahami secara sama/standar oleh siapa saja. Misalnya kalau Muhammad kita tahu artinya terpuji, atau Abdullah adalah Hamba Allah.

Tapi kalau bahasa lain, meski dalam bahasa itu artinya bagus, tapi menurut bahasa lainnya bisa saja buruk. Sebagai contoh kata “Tai” dari Cina artinya besar. Dalam bahasa Indonesia “Tai” artinya kotoran dan bisa ditertawakan orang.

Berikut adalah contoh nama-nama yang Islami:

Nama Nabi:

Muhammad atau Ahmad

Adam, Idris, Nuh, Hud, Saleh, Ibrahim, Ismail, Ishaq, Luth, Ya’qub, Yusuf, Syu’aib, Musa, Harun, Daud, Sulaiman, Ayyub, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, Ilyas, Ilyasa’, Dzulkifli, Khaidir

Nama yang diberikan Nabi:

Zainab (perempuan), Ibrahim, Mundzir

Nama anak Nabi:

Ibrahim, Qosim

Fatimah (Az Zahro), Ummu Kaltsum

Nama-nama orang baik dalam Al Qur’an: Luqman (bapak yang bijaksana), Dzulkarnain (raja yang perkasa)

Cucu Nabi:

Hasan, Husein

Istri Nabi:

A’isyah, Ummu Salamah, Hafsah, Khadijah, Zainab, Shofiyah, Saudah, Maimunah, Juwairiyah

Orang tua Nabi:

Abdullah, Aminah, Halimah (ibu susu), Maryam (ibu Nabi Isa)

Paman Nabi:

Hamzah, Abbas

Sahabat Nabi:

Abu Bakar, Umar, Usman, Ali (Khulafaaur Rasyidiin)

Zaid bin Harits, Salman Al Farisi, Bilal, Khalid bin Walid, Mu’adz bin Jabbal, Anas bin Malik, Abu Dzar Al Ghifari, Abu Ubaidah, Al Miqdad in Amr bin Tsa’labah, Bara’ bin Malik, Fudhail bin Iyadl At Tamimy, Khobbaab bin Al-Art, Zaid bin Haritsah, Mu’adz Bin Jabal, Mush’ab Bin Umair, Utbah bin Ghazwan, Abdullah Bin Mughaffal, Abdullah Bin Malik, Ubai bin Ka’ab, Hudzaifah

Asma’ul Husna (99 Nama terbaik Allah)

Asma’ul Husna ini harus dipadukan dengan Abdul (Hamba) sehingga artinya adalah Hamba Allah, misalnya Abdullah, Abdul Hakim, Abdul Hadi, dsb.

Asma’ul Husna:

1. Allah

2. Ar-Rahman – Maha Pemurah

3. Ar-Rahim – Maha Penyayang

4. Al-Malik – Maha Merajai/Pemerintah

5. Al-Quddus – Maha Suci

6. As-Salam – Maha Penyelamat

7. Al-Mu’min – Maha Pengaman

8. Al-Muhaymin – Maha Pelindung/Penjaga

9. Al-’Aziz – Maha Mulia/Perkasa

10. Al-Jabbar – Maha Pemaksa

11. Al-Mutakabbir – Maha Besar

12. Al-Khaliq – Maha Pencipta

13. Al-Bari’ – Maha Perancang

14. Al-Musawwir – Maha Menjadikan Rupa Bentuk

15. Al-Ghaffar – Maha Pengampun

16. Al-Qahhar – Maha Menundukkan

17. Al-Wahhab – Maha Pemberi

18. Ar-Razzaq – Maha Pemberi Rezeki

19. Al-Fattah – Maha Pembuka

20. Al-’Alim – Maha Mengetahui

21. Al-Qabid – Maha Penyempit Hidup

22. Al-Basit – Maha Pelapang Hidup

23. Al-Khafid – Maha Penghina

24. Ar-Rafi’ – Maha Tinggi

25. Al-Mu’iz – Maha Pemberi Kemuliaan/Kemenangan

26. Al-Muthil – Maha Merendahkan

27. As-Sami’ – Maha Mendengar

28. Al-Basir – Maha Melihat

29. Al-Hakam – Ma! ha Menghukum

30. Al-’Adl – Maha Adil

31. Al-Latif – Maha Halus

32. Al-Khabir – Maha Waspada

33. Al-Halim – Maha Penyantun

34. Al-’Azim – Maha Agong

35. Al-Ghafur – Maha Pengampun

36. Ash-Shakur – Maha Pengampun

37. Al-’Aliyy – Maha Tinggi Martabat-Nya

38. Al-Kabir – Maha Besar

39. Al-Hafiz – Maha Pelindung

40. Al-Muqit – Maha Pemberi Keperluan

41. Al-Hasib – Maha Mencukupi

42. Aj-Jalil – Maha Luhur

43. Al-Karim – Maha Mulia

44. Ar-Raqib – Maha Pengawas

45. Al-Mujib – Maha Mengabulkan

46. Al-Wasi’ – Maha Luas Pemberian-Nya

47. Al-Hakim – Maha Bijaksana

48. Al-Wadud – Maha Pencinta

49. Al-Majid – Maha Mulia

50. Al-Ba’ith – Maha Membangkitkan

51. Ash-Shahid – Maha Menyaksikan

52. Al-Haqq – Maha Benar

53. Al-Wakil – Maha Berserah

54. Al-Qawiyy – Maha Memiliki Kekuatan

55. Al-Matin – Maha Sempurna Kekuatan-Nya

56. Al-Waliyy – Maha Melinuingi

57. Al-Hamid – Maha Terpuji

58. Al-Muhsi – Maha Menghitung

59. Al-Mubdi’ – Maha Memulai/Pemula

60. Al-Mu’id – Maha Mengembalikan

61. Al-Muhyi – Maha Menghidupkan

62. Al-Mumit – Maha Mematikan

63. Al-Hayy – Maha Hidup

64. Al-Qayyum – Maha Berdiri Dengan Sendiri-Nya

65. Al-Wajid – Maha Menemukan

66. Al-Majid – Maha Mulia

67. Al-Wahid – Maha Esa

68. As-Samad – Maha Diminta

69. Al-Qadir – Maha Kuasa

70. Al-Muqtadir – Maha Menentukan

71. Al-Muqaddim – Maha Mendahulukan

72. Al-Mu’akhkhir – Maha Melambat-lambatkan

73. Al-’Awwal – Maha Pemulaan

74. Al-’Akhir – Maha Penghabisan

75. Az-Zahir – Maha Menyatakan

76. Al-Batin – Maha Tersembunyi

77. Al-Wali – Maha Menguasai Urusan

78. Al-Muta’ali – Maha Suci/Tinggi

79. Al-Barr – Maha Bagus (Sumber Segala Kelebihan)

80. At-Tawwab – Maha Penerima Taubat

81. Al-Muntaqim – Maha Penyiksa

82. Al-’Afuww – Maha Pemaaf

83. Ar-Ra’uf – Maha Mengasihi

84. Malik Al-Mulk – Maha Pemilik Kekuasaan

85. Zhul-Jalali wal-Ikram – Maha Pemilik Keagungan dan Kemuliaan

86. Al-Muqsit – Maha Mengadili

87. Aj-Jami’ – Maha Mengumpulkan

88. Al-Ghaniyy – Maha Kaya Raya

89. Al-Mughni – Maha Penberi Kekayaan

90. Al-Mani’ – Maha Membela/Menolak

91. Ad-Darr – Maha Pembuat Bahaya

92. An-Nafi’ – Maha Pemberi Manfaat

93. An-Nur – Maha Pemberi Cahaya

94. Al-Hadi – Maha Pemberi Petunjuk

95. Al-Badi’ – Maha Indah/Tiada Bandingan

96. Al-Baqi – Maha Kekal

97. Al-Warith – Maha Membahagi/Mewarisi

98. Ar-Rashid – Maha Pandai/Bijaksana

99. As-Sabur – Maha Penyabar

Download Daftar Nama Anak Laki-laki dan Perempuan

http://osolihin.wordpress.com/2007/07/29/nama-nama-islami

Daftar Nama Anak Laki-laki

Daftar Nama Anak Perempuan

Daftar Nama Anak Islami:

 

http://www.mediafire.com/?ibmjqwgmml9

 

Dari penulis:

Assalamu’alaikum wr wb,

Sesungguhnya tulisan ini sudah cukup lengkap berisi panduan memberi nama secara Islami lengkap dengan dalil-dalil haditsnya. Contoh nama juga cukup banyak diberikan mulai dari nama yang diberikan Nabi kepada anak-anaknya, Nama Nabi, dan sebagainya. Semua bisa dinikmati secara gratis.

Namun untuk pertanyaan khusus, untuk mendapat jawaban khusus silahkan transfer dulu sebesar 1 dirham (Rp 44.100) ke:

Rekening BCA Wisma GKBI 0061947069 a/n Agus Nizami

Kemudian konfirmasikan nama, besar pembayaran, berikut pertanyaan ke: redaksi@media-islam.or.id

Maaf ini terpaksa dilakukan mengingat menjawab semua pertanyaan dari sekitar 290 komentar (hanya di posting ini) selain menyita waktu saya juga tentu memerlukan biaya untuk koneksi internetnya. Jika ada 100 pertanyaan dan tiap pertanyaan butuh 1 jam saja sudah menghabiskan waktu 100 jam.

Saya bukan Nabi, tapi mudah-mudahan ayat di bawah memberi hikmah pada kita semua:

“Hai orang-orang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu. Yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih; jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum mengadakan pembicaraan dengan Rasul? Maka jika kamu tiada memperbuatnya dan Allah telah memberi taubat kepadamu maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [Al Mujaadilah 12-13]
Insya Allah uang tersebut turut bermanfaat untuk dakwah Islam melalui situs Media Islam ini.
Tapi sekali lagi anda tidak harus membayar. Insya Allah tulisan berikut file-file kumpulan nama yang ada harusnya sudah lebih dari cukup. Bagi yang lain ingin membantu memberi jawaban, silahkan.


159 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum…
    Hmm..nama-nama yang bagus!

  2. Begitulah arti sebuah nama !!! menjadi penegas identitas dan penyemai cita – cita karena itu nama yang islami merupakan salah satu cerminan identitas yang islami dan bisa tembus pada cita – cita menjadi pribadi dengan jiwa dan akhlak yang islami…

  3. bagaimana dengan anak perempuan….????

  4. Salah satu kewajiban orang tua ketika diberi amanah berupa anak adalah dengan memberikan mereka nama-nama yg baik. Nama yg baik [yg mempunyai makna-seperti nama-nama yg Bapak sebut diatas] merupakan bagian dari do’a, harapan serta cita-cita orang tua untuk sang anak supaya kelak menjadi seorang yg berguna bagi agama, nusa dan bangsanya, terlebih menjadi seorang manusia dengan kesadaran sebagai hamba Allah SWT yg beriman dan yg menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan sepanjang zaman..

    Wallahu a’lam

  5. Kalau rani atau rany artinya apa?

  6. Nama2 Perempuan bisa didownload di link di atas.
    Kalau Rani itu sepertinya dari bahasa Sansekerta yang artinya ratu.

  7. wah tolong nama-nama yang sudah jadi dong pak..aku dah byk nama-nama tp khan hanya sepotong2….nah yg bingung tuh nama khan mesti gabungan beberapa kata…jd mohon masukan nama-nama yg sudah jd bukan per kata
    (utk perempuan)

  8. Kalau zaman Nabi, nama2 biasanya memang satu kata. Contohnya: Muhammad, ‘Aisyah, Hafsah, Shofiyah, dsb. Kalau pun ada tambahan biasanya ditambah dengan nama Bapaknya misalnya Umar bin Khotob, Usman bin Affan, dsb.

    Tapi kalau mau 2 nama bisa: Hana Hanifah, Fatimah Azzahra, Ummu Kaltsum, Ummu Salamah, dsb.

  9. kalo Aisha artinya apa pak ustadz?

  10. Aisha adalah nama istri Nabi Muhammad yang merupakan wanita perawi hadits terbanyak. Dalam bahasa Arab artinya hidup.

  11. Assalamu’alaikum…

    Pak Ustad… kalau nama Aisyah bagusnya bekalangnya apa ya…. atau depannya pastinya Siti yg tepat tapi paakah ada yg lain selain Siti…?

    Wa’alaikumsalam

  12. pak ustad gmna klw ngambil nama dari nama-nama tata surya…???

  13. assalamu’alaikum…
    pak ustad mohon di bantu arti dari nama NABIL QIANZSY VARINO……
    Apakah artinya bagus….kami bingung….kami bermaksud memberikan nama ini ke anak pertama kami……..
    klw Nabil artinya……bijaksana/mulia…..sedangkan…nama +nya kami belum menemukan artinya.Mohon masukannya ya Pak Ustad………kami tunggu

    Wassalam

  14. Siti pada Siti Aisyah, Siti Fatimah, Siti Aminah, dsb sebetulnya bukan nama. Tapi gelar kehormatan seperti “Ibu” Aisyah, “Ibu” Fatimah, dsb.

    Kalau Nabil memang dari bahasa Arab. Tapi kalau QIANZSY dan VARINO saya tidak tahu artinya. Sepertinya dari bahasa Cina dan Itali.

    Sebaiknya kita memberi anak nama dengan nama yang sudah kita pahami artinya.

    Kalau nama menurut panduan Islam ya seperti hadits yang saya sebut di atas dan yang penting artinya harus baik. Selain itu wallahu a’lam.

  15. Pak Ustadzh, saya sedang mencari nama buat putri pertama saya, dan saya suka sekali dengan nama Renayya, tp saya ga tau artinya, bs dibantu ga?

  16. Daripada memilih kata yang belum tentu ada artinya dalam bahasa Arab atau belum tentu baik, lebih baik bu Chicha membeli buku tentang nama-nama Islami kemudian memilih yang ibu suka.

    Jika tidak ingin beli, bisa juga dicari di internet nama-nama yang Islami. Saya sudah memberikan linknya di tulisan saya. Silahkan dinikmati…:)

  17. Assalamu’alaikum,

    Pak ustad, anak saya yang pertama namanya Kamelia, yang kedua Gharyn, kira-kira artinya apa ya? Terimakasih sebelumnya.

    Wassalam,

  18. Assalamualaikum

    Pak Ustad, saya suka sekali dengan nama Nasha Nazifa.
    Saya dulu pernah baca di buku nama2 islami di sebuah toko buku.
    Tapi itu hanya sekilas dan skrg sudah lupa artinya.
    Dan insyallah artinya bagus (semoga)
    Mohon bantuan Pak Ustad nih arti nama Nasha Nazifa.
    Terimakasih

    Wassalam

  19. assalamu’alaikum pak ustad, anak saya yang pertama lahir pada hari kamis tanggal 27 Maret 2008 jam 21.30 laki-laki.
    kemudian saya kasih nama Muhammad Kafka Arianda, kira-kira menurut pak ustad artinya apa ya? Kalo ariyanda saya ambil dari nama istri & nama saya. a itu untuk alif istri saya namanya riyan dan saya yuda.
    terus nama kafka berasal dari bahasa ibrani yang artinya berkat atau karunia.

    terima kasih pak ustad, mohon pendapatnya.
    Wassalamu’alaikum

  20. Assalamualaikum

    Pak Ustad, saya suka sekali dengan nama carrisa dan farrel.
    apa ya pak artinya?
    saya pingin anak saya kelak saya kasih nama carrisa atau annissa
    Mohon bantuan Pak Ustad nih arti nama carrisa dan farrel.
    Terimakasih

  21. Kita menyedari bahwa memilih nama yang indah dan sempurna untuk bayi kita yang baru lahir memang sangatlah sulit. Apalagi daftar calon nama yang kita miliki amat sedikit. Untuk itu, di sini kami menyediakan ribuan variasi nama islami yang indah dan mudah. http://www.namaislami.com

  22. Sekali lagi, sebelum memberi nama anak kita idealnya kita membaca tuntunan Al Qur’an dan Hadits. Bukan sekedar ikut-ikutan hanya karena nama tersebut indah didengar atau populer di masyarakat, apalagi di dunia sinetron/film kita yang sering jauh dari nilai-nilai Islam.

    Seperti kata mas Aki, mungkin bisa dicari juga di http://www.namaislami.com
    Pahami dulu artinya, baru dipilih.

    Untuk Ariyanda, itu benar-benar singkatan yang saya tidak tahu artinya.

    Nasha: parfum atau angin sepoi-sepoi
    Nazifa: tidak tahu. Kalau Nazif artinya bersih
    Carissa: bahasa Yunani artinya dicintai/populer
    Farrel: dari bahasa Celtic/Inggris kuno artinya berani
    Kamelia: dari Camelia artinya bunga

  23. assalamualaikum….
    alhamdulillah saya mendapat literatur nama untuk anak perempuan, tapi maaf saya mau tanya kenapa daftar nama untuk anak laki-lakinya tidak bisa di down load ya….
    terima kasih banyak

    wassalam

  24. assalamualaikum.wr.wb. istri saya bru aja melahirkan putra.nama yg cocock siapa ya .putra saya lahir pd tgl 20- april. makasaih atas bantuannya..wassalam

  25. Sesuai tuntunan hadits di atas, sebaiknya anda beri putra anda nama Muhammad. Jika ingin ditambah dengan nama kedua bisa pakai Abdul+ Asma’ul Husna misalnya Abdul Halim, Abdur Rahman, Abdul ‘Alim, dsb.

    Bisa juga anda download atau klik link yang telah kami berikan untuk memilih nama dan artinya.

    Untuk download mungkin agak lama. Jika gagal, coba ulangi lagi.

  26. bagus juga thanks ya karena telah membantuku
    ivan pontianak jungkat

  27. assalamwalaikum pak ustad
    saya yuli ingin meminta pendapat pak ustad mengenai nama yang baik untuk sang buah hati.
    saya sedang mencarikan sebuah nama untuk anak pertama saya
    mohon pak ustad dapat membantu saya
    wassalam …

  28. assalamualaikum wr,wb pak ustad

    nama anak laki2 saya RHAFY AHMAD ARRUMMY,untuk nama rhafy dan ahmad saya sudah mengetahui artinya,tpi kalau yg arrummy saya masih ragu2 ttg artinya pak ustad…apa benar ya artinya ”dari asal keturunanku” mohon kiranya pak ustad dpt membatu saya agar tdk bingung lagi
    wassalam

  29. istri saya nama rabiyatul sholehah melahirkan anak kedua tanggal 6 mei dini hari// anak kedua saya kembar laki-laki sebelumnya sudah punya anak lak-laki bernama dede maulana // tolong diberi nama buat anak saya yang kembar…agar kelak nantinya anak kembar saya bisa berbakti pada orang tua/ terlebih pada ALLAH.

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Samsudinnor

  30. Assalamu’alaikum,wr,wb.
    Web ini sangat bagus sekali,pada waktu-waktu yang akan datang saya akan berkunjung lagi, dan terima kasih saya ucapkan karena di web ini saya bisa mendapatkan nama untuk anak perempuan yang kedua.

  31. Assalamu’alaikum,wr,wb
    kalau memberi nama anak dengan nama malaikat bgmn? karena ada yg mengatakan bhw itu haram tp saya blm menemukan dalilnya.

  32. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Saya pernah liat di internet nama bayi islam Danish/Daniah kalau tidak salah artinya bijaksana atau baik hati. Terus apa kata Abdillah sama artinya dengan Abdullah ?? Nama anak saya Danish Abdillah Ayunza. Ayunza ada artinya dalam bahasa arab atau tidak ? Semoga tidak berarti sesuatu yang buruk. Mohon dijawab.

  33. bgmn dg nama charissa arrizka

  34. Rindya: Arrummy artinya orang Romawi
    Maya: saya juga membaca artikel yang mengharamkan pemberian nama dgn nama malaikat. Tapi belum menemukan dalilnya. Meski demikian tidak ada nama Nabi dan Sahabat yang memakai nama malaikat.
    Shafa: nama yang umum di zaman Nabi adalah Abdullah. Ayunza bukan dari bahasa Arab

    Kalau saran saya sih agar sesuai dengan sunnah Nabi ikuti saja nama-nama yang disebut di artikel di atas. Dalilnya sudah cukup jelas.

    Jika ingin nama-nama yang lain, coba klik link yang diberikan.

    Untuk nama anak laki2 sebaiknya pakai Muhammad. Nama kedua (kalau nama orang Arab sih biasanya hanya satu) bisa pakai Abdul+Asma’ul husna misalnya:
    Muhammad Abdurrahman, Muhammad AbdulHakim, dsb.

    Ada pun nama lainnya wallahu a’lam apakah sesuai sunnah atau tidak. Silahkan saja klik http://www.google.com kemudian ketik namayangdiinginkan means

  35. pak ustadz,saya mau tanya arti dari nama sulthan shafy el azmi,nama ini untuk anak
    pertama kami.terima kasih.

  36. aslm. saya beeerterima kassih sekali karena dengan adanya situs seperti ini,memudahkan kami sebagai calon orang tua, yg boleh dibilang memberi nama anak itu tidak bisa sembarangan dan terbukti dengan adanya situs ini kami sebagai calon orang tua merasa sngat terbantu sekali dengan ini terimakasih banyak dan sukses terus yaaaaa wslm.

  37. pak tolong dong kasih tambahan nama buat ponaan saya yang abru lahir?
    nmnya aufa tolong ya kasih tambahan nmnya?
    thank’s yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  38. klo bisa urut kan nama sesuai..urutan huruf abjat nya dari A s/d z,beserta arti nama itu sendiri. makasih……..!!

  39. Kalau sesuai sunnah Nabi sih nama itu cukup 1 kata, misalnya Muhammad, Fatimah, Ali, Aisyah, Aminah, Hasan, Husein, Abdul + Asma’ul Husna, dsb.

    Kalau yang lain ya beda dengan sunnah.

    Untuk nama-nama lain berikut artinya silahkan klik link yang saya berikan di situ.

  40. saya ingin memberikan nama untuk untuk calon putra atau putri saya,insyallah bilamana anak saya laki-laki,saya ingin beri nama Muhammad Syahdan,klo anak saya perempuan,saya ingin beri nama Kirani Lestari,yang ingin saya tanyakan.apa arti kedua nama tersebut pa ustad?bagus apa tidaknya klo kedua nama tersebut di berikan untuk calon anak saya?terimakasih.

  41. assalamualaikum wr wb
    sy mau minta tolong dicariin nama bayi untuk anak saya
    tima kasih sebelumnnya

  42. Assalamualaikum Wr. Wb.

    AA Nizam , bulan depan , awal ramadhan diperkiraan istri saya akan melahirkan seorang bayi perempuan. Kami sudah memilih awal nama utk bayi kami.
    Yaitu , Zahra. Tapi masih bingung dengan nama lengkapnya. Mohon kiranya AA utk memberikan beberapa nama yang sesuai dengan nama depannya.

    Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas bantuannya.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.
    Nuryadi Misnan

  43. Assalamuaikum
    Tolong nama-nama bayi islami buat kami…laki-laki dan perempuan..wassalam

  44. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Perkenalkan, putra pertama saya lahir pas Isro’ Mi’roj kmrn tgl 30 Juli. Saya beri nama Isyroqi Widyadhana El Agung. Bagus kan ya Aa Niizam? Itu perpaduan bahasa Arab dengan Sansekerta, dari melihat di buku sih.
    Yang artinya (harapannya):
    “Pancaran cahaya yg kaya akan ilmu dan harta serta mulia”
    Benar ga yak A?
    Oya satu lagi, itu link Daftar Nama Anak Laki di atas kan format adobe ya? Saya copy textnya ke word kok tulisan nama Arabnya jadi kebolak ga jelas gitu ya..
    Terima kasih jawabannya

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  45. Wa’alaikum salam wr wb,
    Barusan saya upload lagi daftar nama-nama Anak Islami.
    Mohon tulisan di atas yang berdasarkan hadits-hadits dan juga daftar nama anak Islami beserta artinya dibaca.
    Anda bisa memilih nama yang anda sukai berikut artinya dari situ.
    Ada pun nama-nama di luar tulisan ini berikut artinya wallahu a’lam.

  46. aslm pak,
    saya mau konsultasi nama bayi. saya ada nama bayi royyas (singkatan dari nama saya dan suami, rosita-yasmon), tapi kami masih bingung nama itu apa ada artinya dalam islam. kata teman saya, royyas bisa juga berasal dari kata rais (pemimpin).
    mohon bantuannya.
    trima kasih.
    wassalam.

  47. Assalamualaikum…pak ustadz saya pingin tahu arti nama ( khafka nafisya ) nnt pd anak laki2 sys, trim p. ustadz. wassalam…

  48. Assalamu alaikum wr.wb pak Ustadz. Alhamdulillah Tepatnya hari Senin tanggal 15 Ramadhan 1429, anak kami yang kedua telah dengan selamat. Kelamin Laki2, Kami telah ada nama “WISAM AHMAD ZAQY” apakah nama ini bagus atau gimana ? Mohon Komentar Pak Ustadz, lebih bagus lagi kalau pak ustadz memberikan masukan. Makasih. Assalamu alaikum wr.wb

  49. Wa’alaikum salam wr wb,
    Kalau saya yang memberi masukan dan rekomendasi di sini saya akan usulkan:
    Pria:
    Muhammad, Abdullah, Abdurrahman, Hamzah, Ali
    Kalau 2 nama bisa Muhammad Abdullah atau Muhammad Abdurrahman

    Wanita:
    Fatimah, Zainab, Hana, ‘Aisyah, Aminah

  50. Assalamu alaikum ustadz nizam. Saya ade dbanda aceh ada hal yg ingin saya tanyakan. Smoga ustadz berkenan menjawabnya. Pd tgl 11 mei 2008 yg lalu saya mlahirkan anak pertama saya laki2 yg kami beri nama Teuku Muhammad Arsyi Al Azizy yg artinya singgasana yg mulia (betul gak ustadz?) . Subhanallah, anak & harta adlah milik Allah & akan kmbali kepada Allah. Pada tgl 18 mei 2008 putra saya kembali kpangkuanNYA, hanya sminggu bersama kami. slma ini saya beranggapan bahwa tidak boleh memakai nama Arsyi krna Arsyi adalah singgasana Allah, sedang nama teuku diberi krna ayahnya juga teuku, muhammad, Arsyi dan Al Azizy diberikan oleh ayahnya. Apkah benar ustadz? tidak boleh memakai nama Arsyi. Sampai sekarang sya telah mengambil singgasana Allah, maka Allah mengambil kembali. Trima kasih atas prhatian ustadz.
    Assalamu alaikum

  51. isteri sy bakal melahirkan bayi lelaki dan kami telahsepakat menamakanya dengan nama Muhammad Aish Damien. Masalahnya kami telah menemui makna nama bagi Muhammad (Nabi Nabi & Rasul)….Aish (Kekayaan) namun untuk nama Damien masih belum ketemu…

    oleh itu, kiranya tuan dapat membantu mencarikan makna nama tersebut…

    t/kasih

  52. assalamualiakum wahai saudara,kalau kita memberikan nama untuk seorang anak haruslah mempunyai arti serta makna maka dari itu ambillah nama2 yang berasal dari AL-QUR’AN & AL-HADIST

  53. Assalamualaikum warohmah…
    saya minta tolong dengan sangat, saya begitu buta terhadap nama-nama bayi. saya ingin anak saya benar-benar nama yang baik. bisa membuat orang tuanya bangga dan membantu meringankan beban orang tua.
    jika berkenan tolong kirimkan nama-nama yang artinya kurang lebih seperti di atas.

  54. assalamualaikum…
    mohon bantuan nya,insay allah bulan depan saya akan melahirkan anak laki2,dan sampai sekarang saya n suami belum mendapatkan nama anak yang cocok
    sebelumnya saya punya dua anak yang depannya berinisial A,saya ingin anak ketiga sayapun berinisial A.
    kondisi selama kehamilan saya banyak sedih dan duka
    saya ingin nama anak laki2 sebagai pelipur lara,dan doa yang baik untuk saya n keluarga dan membawa senyum bagi siapaun yang melihat. sebelum n sesudahnya sukron kasir.

  55. Assalamualaikum..
    Insya Allah bulan depan saya akan melahirkan putra pertama. Rencananya akan kami beri nama Muhammad Ikram Sofyanuar (Sofyan adalah nama kakek saya, dan yanuar adalah bulan lahir putra saya nanti, januari). Tapi tante saya memberi saran agar namanya menjadi Muhammad Sofyanuar Al Ikram. Menurut bapak, mana yang lebih baik, pilihan nama yang pertama atau kedua? Atau mungkin bapak punya pendapat/saran nama lain? Mohon bantuannya ya pak…

    terima kasih…
    wassalam

  56. asalamualaikum wr.wb.

    salam sejahtera

    pak….. ustadz mohon diberi kan nama yg bagus buat calon anak pertama saya,
    saya punya patokan pokoknya harus ada nama syamlan nya, karena itu adalah nama dari kakek,saya butuh nama untuk laki laki dan perempuan. trimakasih atas partisipasinya.
    wasalamualaikum wr.wr

  57. Assalamualaikum..

    Insya allah bulan Februari 09
    saya akan melahirkan Putri/Putra pertama…

    Rencananya seh bila anak kami lahir putri saya dan suami akan memberi nama Malika Alexsa Putri Aurora Dan apabila anak kami lahir putra akam kami berikan nama Muhammad Jibril majid atau Muhammad Jibril Latif. Menurut bapak apakah nama2 tersebut baik dan tidak terlalu berat unt anak kami nantinya??

    Adakah nama yg lebih baik dari itu?

    Terimakasih…
    wassalam….

  58. Ass Wr Wbr Alhamdulillah Ustad skr sy menjadi Bpk dari Anak pertama saya yang lahir di hari minggu tgl 14/Desember/2008 dan Saya berikan nama Andi Aqso Al-Fiqih yang mau saya tanyakan apakah Nama anak saya ini pantas ustad?

  59. mohon penjelasan menganai nama Reyhan Zein ? berikut dalam tulisan arabnya
    terima kasih

  60. Assalamualaikum.wt.wb,

    Pak Yang baik,…
    Mohon bantuannya,saya lagi sibuk cari nama anak pertama saya,mohon bantuannya dicarikan namanya.
    Saya ingin dibelakang nananya ada nama ARFAIZ (Gabungan dari Kata ARFA & FAIZ) Mohon penjelasan adakah arti dari kata ARFAIZ..Kalau perempuan ingin saya namai MUTIA KAMIL ARFAIZ atau mohon petunjuk nama lain ya…Sebelumnya saya ucapkan terimakasih,

    wassalam,

  61. Assalamu’alaikum
    Alhamdulillah jumat subuh lalu putri saya sudah lahir
    Saya ingin beri nama Nafadla Anandhiya, Nafadla adalah asal kata dari intifada yang artinya perjuangan, pergerakan, revolusi. Anandhiya artinya sinar cakrawala. Karena pada masa dia lahir terjadi penyerangan israel ke palestina sampai pengepungan mesjig Aqsa. jadi saya jadikan moment itu untuk nama anak saya, agar dia insya Allah menjadi orang yang tidak takut dan mampu melawan kaum kafir.Apakah ada tanggapan untuk penamaan tersebut, apakah artinya sudah tepat?

    terima kasih

    Wassalam
    Budi
    dari Papua

  62. Assalamu alaikum wr.wb

    Anak saya akan lahir kurang lebih dua bulan lagi, insya Allah Wanita. Saya sedang mempersiapkan nama untuk wanita dan nama untuk Laki laki seandainya laki-laki.
    Untuk nama wanita saya siapkan “Zhaafirah Naila Putri”.
    Saya dapat dari daftar nama Islam yang lain Zhaafirah, artinya “Yang beruntung”, sedangkan Naila singkatan dari Nailah (supaya pengucapannya pas sesuai dengan nama depannya) artinya “Karunia”, sedangkan di daftar ini artinya “Yang suka memberi”.
    Untuk nama Laki-laki saya siapkan “Ikhyar Pratama Putra”, Ikhyar maksudnya adalah singkatan dari kata Ikhtiyar.
    Yang mau saya tanyakan, kenapa berbeda ya arti kata dari Nailah ?
    Dan bagaimana nama untuk wanita dan laki-laki sudah sesuai dengan nama-nama Islam.
    Mohon sarannya niih, terima kasih sebelumnya.

    Wassalam

  63. assalamu’alaikum ustadz, insya Allah bulan dpn istri sy mau melhrkan. Sy py pilihan nama yaitu khaidir. Apkh hrs sy tmbhkan nama sy didpnnya mjd m hadi khaidir atau ad saran yg lain ustadz untk smbgn nam khaidir tsb

  64. assalamu alaikum warahmatullahi wabaakatu
    insya Allah tidak lama lagi saudara saya akam melahirkan dan diperkirakan kemenekan kami itu diperkirakan berjenis perempuan sebenarnya kami pun sudah menyiapkan nama bagi calon kemenakan kami yaitu ASYLA ALIFAH yang artinya adalah kedudukan pertama bagi alifah sekedar informasi juga saya adalah suku makassar dan nama orang tua calonya ialah Ayah Sujarwan Dg Siala dan Ibu Hasmawati Dg Ngasi sekaligus singkatan dari nama yang sudah kami siapkan.
    terima kasih tolong dikirimkan yah.
    sebelumnya kami ucapkan banyak terim kasih atas jawabannya

  65. Assalamualaikum..

    Saya minta tolong ni, suami saya mengharuskan nama anak perempuan harus memakai nama Siti. Memangnya wajib ya?
    Rencananya saya akan memberikan nama anak saya Fathiyyah Azzahra. Insyaallah Memiliki arti yang baik. Terimakasih

    Wassalam…

  66. asmlkm pak ustadz, adik saya akan melahirkan seorang bayi jadi saya meminta kepada bapak sudi kiranya memberikan nama anak yg islami. kira2 bulan maret akan melahirkan, saya meminta kepada bapak nama anak laki2 dan perempuan yang baik agar kiranya anak tersebut dapat menjadi anak yg berguna bagi agamanya dan patuh terhadap orang tuanya. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. asmlkm

  67. assalamualaikum pak ustadz.tgl 27-1-09.istri saya melahirkan putri pertama.itu adalah amanat dan anugrah terindah yg allah beri kpd kami. jauh hari kami sdh persiapkan nama.untuk anak pertama kami. “SALSABILA GRACEAZZAHRA TAUHID” tapi kami bingung artinya apa.mohon bantuanya pak ustadz.terimakasih.

  68. Ass.wr.wb pak ustad insya allh februari ini saya akan pny bayi laki2 tp istri saya nama depan mnta ada nma nabil,trus saya sndiri mnta ada nma dida nya baiknya bgaimna ustad.mhon petunjuk.trim ksih

  69. ass.wr. pak ustad tolong dong berikan nama untuk anak saya laki-laki yang ke empat saya ucapakan terimakasih

  70. Ass..wr..wb…saya mau tanya ustad…klw arti dri nama saya “Anul Muslimin” apa yah?trima kasih sebelumnya.bls di e-mailku sj.

  71. assl pak ustadz
    apa arti dari nama saya pak

  72. Ass.Pak ustad, istri saya diperkirakan akan mrelahirkan bayi kami tgl 12 april 2009,katanya insyaallah laki-laki.nama apa yang pantas untuk bayi kami tolong beri contohnya beserta artinya.trims

  73. Assalamu’alaikum Pak Ustad,
    Saya mo nanya berkaitan dengan nama anak laki-laki kami yaitu : “Dafi Barra Ar Ridzalu”, pertanyaan kami adalah apakah “penulisan” nama tersebut sudah benar, khususnya “Ar Ridzalu” ? Jika salah, benarnya bagaimana ? Terima kasih.

  74. Ass, wr. wb.
    Bagaimana dengan nama dari nama-nama malaikat? boleh ga?
    Mohon dijawab secepatnya soalnya istri saya InsyaAllah akan melahirkan pada bulan Maret ini.

    Wass,
    Asep N.Noviawan
    KAF

  75. Assalamu alaikum, pak ustadz.
    saya ingin memberikan nama anak saya : Ata illah Haizuran Fatih Ar Rizky. bagaimana menurut ustada apakah nama tersebut baik dari sisi makna, dengan maksud anak kami tersebut nantiny membuka jalan rezki. mohon masukan dan kalau ada ide tentang nama anak kami. mohon nasihatnya..

  76. Ass, wr. wb.
    Pak ustad, saya ingin bertanya…
    saya ingin menamakan anak saya dengan nama,,,
    Imran Abbas Zaidan…
    menurut pak ustad bagaimana…?
    apakah susunannya sudah tepat…?

  77. assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    pak ustadz saya ingin menamakan anak perempuan saya ‘Syaima Hanifah’
    bagaimana menurut pendapat bapak?
    syaima sepengahuan saya adalah saudara sepersusuan rasulullah salallahu alaihi wasallam. tetapi saya tidak mengerti makna nama tersebut mohon penjelasannya.

    terimakasih atas jawaban yang diberikan

    wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

  78. pa ustaz insya allah 2 bln lagi istri saya akan melahirka anak ke2, kami bingung untuk menentukan namanya yang berdasarkan islam. mungkin bapa bisa bantu? untuk nama laki2 dan perempuan. nama anak pertama kami sofyan maulana hidayat baik ngak pak? terima kasih

  79. Assalamu alaikum waahmatullahi wabarakatuh.

    Pak ustadz..istri saya sedang mengandung anak ke-2 kami, dimana menurut ahli dokter anak kami perempuan dan kami telah mempersiapkan namanya yaitu MAHASYAFAH INAYAH SALSABILA. Mohon bantuan pak ustadz utk mengartikannya, tapi yg lebih penting lagi saya mohon kepada ustadz untuk mendoakan istri saya dan bayi yang dikandungnya semoga sehat dan selamat semuanya.

    Terima kasih atas bantuan dan Do’a nya.

    Wassalam

  80. ssalamu alaikum waahmatullahi wabarakatuh.

    Pak ustadz..istri saya sedang mengandung anak pertama kami,kalau perempauan inginkami beri nama GHINA ALIFATUNISA,Mohon petunjuk apa artinya,dan kalau cowok ingin saya kasih nama gabungan dari kata ARFA dan FAIZ menjadi RFAIZ,adakah arti kata ARFAIZ,Mohon dengan sangat bantuanya

    Terima kasih atas bantuan dan Do’a nya.

    Wassalam
    Arobi
    arobi_bae@yahoo.co.id

  81. Assalamu Alikim Warahmatullahi Wabarakatuh
    Pak Ustadz… Alhamdulillah istri saya sudah hamil… dan kami mau memberinya nama… namun kami mau anak kami mempunyai awalan nama U… mohon bantuanya Pak Ustadz nama yg baik untuk awalan huruf U. karena nama adalah sebuah do’a maka kami inginkan yg terbaik buat anak kami.

  82. Assalamu alaikum waahmatullahi wabarakatuh.

    Pak ustadz…anak ke-3 kami telah lahir dengan selamat dan namanya FATTAH SYAMIL HAQQI. Mohon bantuan pak ustadz utk mengartikannya, tapi yg lebih penting lagi saya mohon kepada ustadz untuk mendoakan keluarga saya dan bayinya semoga sehat dan selamat semuanya.

    Terima kasih atas bantuan dan Do’a nya.

    Wassalam

    Fahmi sekeluarga

  83. saya iningin memberi nama putra saya dengan nama RAFI ATHA AHMAD atau RAFI AHMAD ATHA manakah yang benar, apabila kedua-duanya tidak sesuai kira-kira yang bagaimana yang sesuai. Mohon jawaban segera karena mau aqikah.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

  84. […] Berikut juga artikel yang bagus banget untuk di baca, sumbernya di sini […]

  85. Ass..

    Mo tanya apa arti nama ‘Nafiza’?

    Thanks..

  86. Ustadz, sy ingin berkunyah dg ummu shofiyah, artix ap pak? Namun sy blm menikah,blhkah berkunyah dg nm tsb? An tunggu blsx, via email sja..
    Jazakallohu khoir

  87. Assalamualaikum Wr Wb??
    Terimakasih petunjuknya….
    mudah-mudahan dapat ridlo Alloh SWT….(amiin)

  88. PAK uSTAD YANG BAIK
    saya mau bertanya apakah nama anak saya YASEER ATHAILLAH, YASEER DENGAN E DOBEL BERUBAH ARTINYA ATAU TIDAK

    ATAS JAWABANYA BANYAK2 TERIMASIH

  89. apa benar sebaiknya tidak memberi nama anak dari singkatan nama kedua orangtuanya, atau nama kakek neneknya? saya pernah dengar seorang ustadzah mengatakan demikian. mohon penjelasan. syukran.

  90. Ass. Mohon Petunjuk insya’ Allah saya kan mempunyai anak yang ke dua(Menurut USG – Anak Laki-laki), dan saya ingin memberi nama “Hasbi Al Fathan / Fathan Al Qohtany / Fathan Al Izzat” Menurut Pak Ustads baik gak?

  91. Assalammu’alaikum
    Maaf mau tanya..ponakan pertama saya mau dikasih nama MARTIN kebetulan ayahnya memang nama belakangnya MARTIN…tp saya ga setuju soalnya pernah ada saudara yang pernah bilang kalau nama MARTIN secara islam artinya kehancuran..apa betul???
    tolong bantuannya..terimakasih

  92. Assalamualaikum, pak ustad nama yang baik, penuh barokah, untuk calon anak kedua saya? kirimi nama laki laki dan perempuan.Wassalam

  93. asslm pak, mas, saya mautanya apa arti nama anak ini NAJWA NURISIFA NAHVAN? tolong di balas terimakasih wassalam…

  94. nama yang baik dibulan menjelang ramadahan apa yah?

  95. sy mau tanya nama tulisan sm artinya kalo KAYLA / KEYLA terus panjangnya apa ya paling bagus, makasih

  96. Assalamualaikum….
    Saya insya allah melahirkan bulan desember akhir atau awal januari. Tapi kami bingung untuk nama nya ?Tolong di bantu ya baik nama anak laki2 atau perempuan….

  97. mohon diartikan nama “Muhammad Ikram Azzamy”

  98. asssalamualaikum ustad..?? apakah boleh atau baik memberikan nama anak dengan nama malaikat, contohnya jibril terimakasih…

  99. assalamualaikum wr .. wb …

    Sebentar lagi Insya Allah saya akan mempunyai anak kedua, menurut hasil USG adalah laki-laki. Saya berniat memberi nama AURELIA AZKALIFA AL HANIFI, yang maksudnya Kekasih Allah yang senantiasa mensucikan diri serta lurus … benarkah nama tsb dengan arti yang sy maksud ?

    terima kasih …

    Wassalaamualiakum wr..wb

    amin

  100. Abang saya punya anak kembar laki2,lahirnya satu hari sesudah gempa di padang,dan lahirnya pun di padang,Abang saya bingung mo ngasih nama anaknya,trus menanyakan ke saya,kira2 nama yg bagus apaan ya Pak,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan TERIMA-KASIH….

  101. tolong…
    apa arti nama Arsyi dan Irsya..?

  102. tolong

    saya sebentar lagi mau punya anak dan ini anak pertama saya,saya gak tahu ntar anak saya laki ato perempuan tapi saya sekarang mempunyai 2 nama anak yang satu laki namanya Muhammad Zayyan Ardyansyah dan untuk yg perempuan namanya Aurellia Putri Arfanti Kusumawardani

    tolong diartikan nama tersebut?

    Balas

  103. Ass,
    ada yg th arti nama nazifa n nasifa..
    Share nama bayi kembar perempuan..
    Mkasih

  104. assalamualaikum pak ustad..saya seorang calon ibu, mau tanya bolehkah memberi nama depan anak dengan kata AL..contohnya al iftikhar yang berarti kebanggaan atau kehormatan…saya takut kata Al tidak boleh digunakan sembarangantrims..wassalam

  105. ada gak artinya syakima khazani?

  106. Assalamu’alaikum..

    InsyaAllah, saya akan melahirkan anak ke-2, saya pny rencana ingin memberi anak ke-2 saya kalo perempuan KAYYISAH, kalo laki2 AZZAM, apakah sy bs minta pendapat ustadz untuk tambahan rangkaian namanya terutama yg perempuan, harapannya dengan nama tersebut anak sy jd pribadi yg unggul dan dicintai Allah… Amiin

    Jazakallah khair

  107. Bagus-bagus artikelnya.. terimakasih telah menginspirasi..
    ada lagi tambahan nama2 islami, klik aja : http://rizaldp.wordpress.com/download/

  108. makasih ya pak ustad…… kalau boleh kasih saran……. tambah lagi koleksiya ya uztad…..

  109. pa’ 2 anak saya sy beri nama Fathan Mubina dan afgan Asadullah, tolong pa utadz jelaskan apakah ejaannya sudah benar sesuai dengan artinya.

  110. Assalammualaikum…

    Pak Ustaz….on the 17/03/10, i get new born baby boy.
    I put the name is muhammad yaqeem…

    Pak Ustaz can tell me what mean the name in islamic?

  111. pak ustadz anak saya bernama Angger Bagus Adhimulya saya mau ganti nama menjadi Nufail atau Ilham Akbar mohon saran trimakasih

  112. insaallah bulan july 2010 ini anak saya yang ketiga lahir dan insaallah laki2,tolong dikasih masukan untuk nama anak kami, insaallah nama awalnya akan saya beri nama dandi (DANDI adalah singkatan dari nama saya dan istri )

  113. Assalamualaikum…Pak Ustadz saya lg bingung mencari nama buat calon bayi saya, tolong berikan saya beberapa pilihan nama laki2 dan perempuan yg terdiri dari 3 suku kata dimana suku kata pertama balan S an suku kata kedua berawalan M..terima kasih saya tunggu bantuannya

  114. Ass..Pak ustdz yg d’rahmati Allah.Sya mw tnya nich..Ank sya nma’y Mush’ab Azmi Al-ghifari.Arti’y apa ya..Ibu’y meninggal stelah 2hr melahirkan.Doain ya ustdz.

  115. ass,,tolong dong ksih nama anak laki2 dan perempuan,,sya ingin ada nama suami sya jg..
    nama suami sya riyanto,,tolong ya pak ustadz..

  116. Melalui USG, ternyata istri saya sedang hamil bayi kembar perempuan, pak ustadz bisa ngasi saran g’ ntar kai kasi nama siapa?, yang kai inginkan nama yang berasal dari tokoh islam bagus artinya, Nama Saya Abd. Aziz n istri saya Sri Wahyuni Ariyani

  117. assalammualaikum pak ustadz
    kami kpingin memberi nama anak saya dengan bahasa arab yang klo di bahasa indonesiakan artiny jihad dari keburukan menuju ke jalan kebaikan.
    terima kasih
    wassalammualikum…

  118. Assalamu’alaikum Wr Wb Ustadz,
    ana ingin memberi nama anak laki2 kami:
    mana yang benar menurut kaidah penyusunan yang benar
    Abdurrahman Asyam atau Asyam Abdurahman
    terimakasih Wassalamu’alaikum Wr Wb

  119. assalamualaikum

    pak ustadz anakku ke tiga insyaallah laki2. saya berencana memberi nama Dimas Jundi Azizi. Bagaimana menurut ustadz apakah lazim nama demikian. Nama panggilan rencana “Dimas”. Kalo sudah besar/tua nanti, apakah masih cocok dengan panggilan dimas? trimakasih

    Wassalam

  120. pak ustadz yg saya hormati, insyaallah anak ketiga saya adalh laki2, saya akan melahirkan dalam waktu dekat ini (awal bulan maret). mohon bantuannya pak ustadz utk memberikan rekomendasi nama yg baik bwt putra ketiga saya.

    terimakasih
    Wassalam

  121. pak ustadz saya bingung buat nm bayi saya
    kira2 pa ya pak ustadz buat bayi laki2

  122. mohon masukan untuk nama anak pertama kami yang kembar keduanya laki-laki, lahir bln maret 2011
    nama saya : ade deddy kurniawan
    nama istri : lilis andriani

    Mohon masukan nama : gabungan islami + indonesia (jawa) + eropa >> it’s ok

    kasih banyak masukan ya…tks

  123. Assallamu’alaikum,anak pertama saya bernama Fauzbik Dyfa al-Aziz. Apakah nama tersbt tidak bertentangan dgn sunnah Rosul? Karena saya menggunakan kalimat al-Aziz (astma Ulhusna). Mohon penjelasannya. Terima kasih.
    Wasallam.

  124. Wa’alaikum salam.
    Al Aziz itu nama Allah.
    Sebaiknya ganti dengan Abdul Aziz (Hamba Allah)
    Wassalam

  125. saya mau punya anak lg yg ke3,apa nama yg cocok,kalau laki-laki, dan kalau perempuan, anak saya ke2nya laki2

  126. saya punya anak yg ke 3 laki laki, saya ingin memberi nama awal najmi, tlg ksh masukan untuk kelanjutan dari najmi.

  127. Ass. Pa Ustadz saya ingin memberi anak perempuan saya dengan nama “Sausan Nujud” hasil nyari di internet yang katanya artinya Sausan = Bunga lily dan Nujud = Cerdas. Saya mau minta saran apakah nama itu sudah tepat sesuai dengan aturan islam dan makna benar ?

  128. Assalamualikum ustadz,saya bingung dalam pemberian nama anak kedua saya yg lahir hari selasa tanggal 11 oktober 2011,alahmdulilah seorang laki2,
    nama yang saya berikan ialah: Habib Aditya Saleh
    nama saya: Tommy Hayuwono Saleh
    nama almarhum bapak saya: Habib saleh
    nama anak saya saya berikan 9 hari setelah kelahirannya dgn nama ‘Habib Aditya Saleh’, dgn tujuan nama ‘Habib’ ialah nama yg bagus dari segi arti dan maknanya dan begitu juga dengan nama ‘Aditya’, dan nama ‘Saleh’ saya berikan agar kelak dia menjadi org yang saleh.
    namun ibu saya tidak setuju dgn nama itu karena:
    Habib: 1.nama kakeknya
    2.kalaupun ada nama kakeknya jgn di letakakn di depan, yakni di belakang.
    3.Di khawatirkan nama tersebut bisa mengakibatkan keberatan nama
    saya jadi bingung apakah nama anak saya harus ditukar lagi atau tidak, tolong dijawab Ustadz trims wasalammualikum..

  129. insyaAllah kami putri kami akan lahir januari 2012,,tolong carikan nama yah islami untuk calon putri kami..trimakasih

  130. assalamu’alaikum
    snama saya sari.saya ingin mencari nama bayi buat anak pertama tante saya
    yang lahir pada tanggal 9 12 2011 kemaren jadi saya minta tolong pada ustad memberi saya sebuah nama yang baik makna nya.
    kalau dapat hari ini juga di kirim ke email saya..karna besok akan ada di laksanakan pemberian nama nya,,,,,
    saya harap ustad dapat mengertikan keadaan ini,,,
    terimakasih
    assalamu’alaikum

  131. salam…bagaimana kalau nama nama di berikan “abdul haymin muntaqim”..apakah ianya tidak boleh?

  132. Subhanallah.. Terima kasih mas atas info nya. Sangat bermanfaat.

  133. apakah boleh menamai anak kita dengan nama nabi tapi dalam versi bahasa inggris seperti
    Sulaiman = solomon
    Nuh = Noah
    Yusuf = Joseph
    dan lain sebagainya…
    Mohon balasannya…..

  134. saya dan suami memberi nama kpd putri kami yang pertama ialah acha ananda anila 3 a di depan 3 a d belakang
    (^-^)

  135. Pa Ustadz anak mau nanya klo arti nama anak Aqsa Bintang Ramadhan bagus ngga yah? Makasih

  136. pak… mau nanya, saya berencana memberikan nama kepada anak perempuan saya ” ALEESYA” yang setau saya artinya : dilindungi oleh Allah, tapi saya bingung dengan ejaannya yang berbagai versi, seperti : ALEESYA, ALEESHA, ALISHA, ALISYA. Mohon bantuannya yang mana ejaan yang benar. terima kasih

    • Anak saya, saya kasih nama Alesya….. untuk ejaan monggo2 saja pak….. karena itu bahasa serapan, jadi bgmnpun akan susah seperti Muhammad, ada yang Mochammad, Muhammad, Mohammed, Mohammad…. dll
      saya kasih ejaan anak saya cukup Alesya, karena kalo dobel e (Aleesya) takutnya nanti ketinggalan satu “e”-nya (pengalaman nama saya etty – dobel “t”), saya pakainya “sya” karena dari huruf syin, kalo “sha” kayaknya untuk huruf “shod”….. cmiiw

  137. asslmlkm.. sy mau tny.. anak prtma sya saya beri nm:Rd. AGHA AL HAFSYA
    Teman sya blg gak blh menggunakan kata (AL).. mhn bantuannya pak ustad.. Apakah boleh atau tidak.. sekalian Artinya.. kalau boleh krmkan jwbnny ke email saya.. (dhenzpas@gmail.com)
    Trma Kasih…
    wass….

  138. Asalamualaikum
    Pak, kami suami isteri kepingin memberikana nama anak perempuan ke-5 kami Aleesya. Namun kami agak bingung memilih nama gabungannya yg secocok. Mohon bantuan Pak. Terimakasih. Sekiranya Bapak sudi, mohon jawabannya ke email saya azmeypengail@yahoo.com.

  139. Ass…mhon tanya sy berencana memberi nama anak ke dua sy yg menurt USG Insya Allah kelaminnya perempuan adalah NURUL QOLBI artinya apa pak ustad? klo bsa jwb di email sy pakar10navy@gmail.com trimaksh sblmnya
    Wass….

  140. Assalamu’alaikum ustadz…
    saya ingin sebuah nama untuk anak saya yang artinya: yang suka memberikan cahaya (baik utk orang tuanya, keluarga, agama, masyarakat, maupun lingkungan)…. bisa minta alternatif nama untuk anak laki-laki dan perempuan??
    Terima kasih sebelumnya….
    Wassalam

  141. assalamualikum pak ustad… nama prayata zein aulia menurut ustad gmn? cocok tidak untuk anak laki laki.

  142. Kalau arti ivon arofah putri, intan khatulistiwa putri, dan citra andromeda putri

  143. Saya sedang memilih nama antara:
    Muhammad Farrell Syamlan
    Muhammad Zhafran Syamlan
    Muhammad Ammar Syamlan
    Dari ketiga nama tersebut mana yg mempunyai arti dan makna yg terbaik menurut Agama Islam…!!??!!??
    Mohon masukan terkait arti dan makna nama-nama tersebut menurut syariat Islam.. Krn hr ini adalah hari ke 5 kelahiran putra kami.. Kami mohon bantuan secepatnya dan saya ucapkan terima kasih sebelumnya.. Wasalam

  144. Assalamualaikum Pak Ustad…
    Mohon bantuannya Pak. Saya ingin anak saya di panggil Rashid, Muhammad nama depan nya dan terdiri dari 3 kata. Mohon saran nya untuk kombinasi nama yang bagus menurut Islam. Ma kasi Pak Ustad…

  145. Assalmualaikum
    Ada pepatah mengatkan nama adalah doa,
    Nah kalo setelah memberi nama pada anak kita ternyata itu bahasa ibrani gimana mas???
    Mampir juga ke blog saya ya mas http://pazoendan.blogspot.com

    • iya saya baru berumur 19 tahun. dan saya googling pak ternyata asher itu dari bahasa ibrani. aduh tolong dijawab ya pak ustadz..

  146. Bertanya, saya beri nama anak saya “nur izzah” . Apakah nama itu baik ? Mohon

  147. iya saya baru berumur 19 tahun. dan saya googling pak ternyata asher itu dari bahasa ibrani. aduh tolong dijawab ya pak ustadz..

  148. Ass…
    saya mau nanya ustadz , nnti saya mau ngasih nama anak saya dengan bahasa sansekerta.Namanya ; radhika Chandrakala suryakantan (dewi seperi sinar rembulan dan kecerahan matahari) apa itu boleh dalam islam ? mohon bantu !?

  149. Wa’alaikum salam, Sebaiknya jangan pakai bahasa Sansekerta khawatirnya nanti orang mengira agamanya Hindu. Apalagi sampai memakai nama Dewi yang merupakan sesembahan agama Hindu.
    Pakai saja nama Islam biasa atau yang artinya baik dalam bahasa Indonesia.
    Asher itu mungkin artinya Ashr (Masa)
    Kalau nama bahasa Ibrani itu seperti nama Nabi seperti Musa, Ibrahim, Bunyamin, dsb tidak masalah. Asal jangan aneh2 saja khawatirnya dikira orang Yahudi.

    • Assalamualaikum
      Sya mau nya arti dr nama aku Adha harini apa ustadz, krna sampe skrng sya blm tahu

      Terimakasih

  150. assalamualakum..
    pak ustad saya mau tanya,arti nama nur alesha zahra dan bagus tidak apabila nama tersebut saya berikan ke putri saya,dan dengan sebutan panggilan alesha

  151. Assalamu ‘alaikum Warrahmatullahi wabarakatuh

    Ustadz, saya memiliki anak pertama laki-laki yang lahir tanggal 17 Juni 2015 jam 22.07 WIB bertepatan dengan masuknya awal ramadhan, saya berencana memberikan nama Uwais Sanny Tompunu. Uwais dari nama Uwais Al qarni, Sanny dari nama Muhammad Sanny / lebih dikenal Muhammad al Fatih dan Tompunu merupakan nama keluarga

    mohon petunjuk

  152. Assalamualikum ust,
    ada perbezaan nama raihanah dengan raihannah,

  153. Assalamu ‘alaikum Warrahmatullahi wabarakatuh
    ustad,,, seminggu lagi kira kira anak saya lahir,,,
    akan saya beri nama ” el makruf ibrahim ” bolehkah ustad?

  154. assalamualaikum wr wb. saya telah memberi nama anak skaligus saya aqiqah, tapi lupa blm di cukur rambut, apakah bisa langsung di lakukan saat ini?

  155. Kalau Nama Ziyad Malik Artinya Apa?

Tinggalkan komentar