Seberapa Besarkah Bumi Kita? Allah Maha Besar!


Rasanya Bumi yang kelilingnya 40.000 km ini sangat besar bagi kita. Untuk pergi ke Amerika atau Afrika saja jauh sekali. Apalagi jika sampai harus ke Antartika.

Tapi coba kita lihat besar Bumi kita dengan ciptaan Allah lainnya. Ternyata tidak ada apa-apanya. Bahkan bintang yang terbesar pun hanya satu titik dibanding Galaksi, Cluster, Super Cluster, Jagad Raya.

Tapi di atas semua itu kita harus yakin bahwa Allah pencipta Semesta Alam jauh lebih besar dari semua itu. Allah Maha Besar!

Ukuran Bumi dibanding Planet Jupiter

Ukuran Bumi dibanding Matahari. Diameter (lebar) matahari 1.391.980 km. Jika bumi “dimasukkan” ke matahari, ada 1,3 juta bumi yang bisa masuk.

Ukuran Matahari dibanding Bintang Arcturus

Ukuran Matahari dibanding Bintang Antares. Saat ini bumi sudah tidak bisa dilihat lagi. Diameter Antares 804.672.000 km.

Kalau anda menganggap Antares sudah sangat besar, ternyata bintang itu masih belum apa-apa dibanding dengan galaksi seperti Galaksi Bimasakti yang terdiri dari ratusan milyar bintang dengan lebar hingga 100 ribu tahun cahaya (1 detik cahaya=300.000 km).

Galaksi itu pun tidak seberapa jika dibanding dengan Cluster (Kumpulan) Galaksi yang terdiri dari ribuan Galaksi.

Tapi di atas Cluster masih ada Super Cluster yang terdiri dari ribuan Cluster. Ribuan Super Cluster akhirnya membentuk jagad raya.

Saat ini diperkirakan Jagad Raya (Universe) lebarnya 30 milyar tahun cahaya. Tapi ini cuma angka sementara mengingat teleskop tercanggih saat ini “cuma” bisa mencapai jarak 15 milyar tahun cahaya!

Jika dunia ini begitu luas, maka Allah menegaskan bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jauh lebih luas lagi dari dunia!

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” [Al Baqarah 255]

Maha Besar Allah Tuhan Pencipta Alam!

Maka bertasbihlah kepada Allah!

Mohon sampaikan ini kepada yang lain.

https://syiarislam.wordpress.com/2010/03/12/seberapa-besarkah-bumi-kita-allah-maha-besar

http://www.alphadad.net/Previous%20Alpha%20Dad%20Site/alphadadkids.htm

http://www.bcssa.org/newsroom/scholarships/great8sci/Space/4galaxys.html

http://apod.nasa.gov/apod/ap080210.html

http://www.nasaimages.org/luna/servlet/detail/NVA2~8~8~14669~115210:The-Violent-Lives-of-Galaxies–Caug

22 Tanggapan

  1. Subhanallah… Allahu Akbar….
    Sungguh manusia tiada apa-apanya….

    Salam kenal ya bos… and izin repost ya…

  2. kunjungi blogku y4h d http://www.mlyuk.tk

  3. maha besar allah tuhan pencipta alam semesta…

    salam kenal..

    visit my blog at http://dunianakal.wordpress.com

  4. gambar2nya bugus bgt. ditunggu kunjungannya balik

  5. what a nice info

  6. Subhanawllah
    Allah Huakbar

  7. subhanallah walhamdulillah wa la illaha Ilallahu wa Allahu Akbar..
    ana minta ijin boleh repost ke blog ana ya..
    jazakallah khoiron katsiron

  8. Silahkan direpost/copy paste.
    Mohon sanad/sumbernya disebut jadi jika ada update/perbaikan, pembaca bisa mengetahuinya.

  9. subhanallah betapa besarnya keagungan Allah ini mengingatkan pada betapa besarnya ciptaan Allah swt dan kita tidak ada apa-apanya ingatlah hai sobat!

  10. Subhanallah…. betapa kecil… tapi betapa sombongnya…

  11. maha benar Allah dgn segala firmannya….

  12. subhanallah…betapa kita saannngaaaattt gak ada apa2nya..dibanding kebesaran Allah…

  13. allahu akbar

  14. masyallah……. ana begitu kerdil… sebesar debu saj kita d muka bumi ini…

  15. Langit dan bumi (Alam semesta) yang kita bicarakan itu sdh maha luas. Namun Alam semesta ditambah 7 lapis langit tdk ada apa2 luasnya jika dibandingkan dgn luas “Kursi” Allah, dan luasnya Kursi Allah msh tdk ada apa2 luasnya jika dibandingkan dengan luas Arasy Allah. Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Luas langit 7 tingkat dibandingkan dengan kursi adalah seperti luas gurun sahara yang luas dengan lobang cincin, sedangkan luas Arasy dibandingkan dgn Kursi adalah seperti gurun sahara yang luas dengan lobang cincin.

    Menurut manhaj salaf, ‘Arsy memiliki wujud yang teramat sangat besar, memiliki beberapa tiang yang menjadikan ‘Arsy sebagai atap alam semesta. Wujud ini dicatat dalam beberapa hadits-hadits yang shahih. Saking besarnya ada malaikat yang memiliki sayap banyak, diperintahkan oleh Tuhan untuk terbang kemana saja yang ia kehendaki dan ia merasa tidak beranjak dari tempat semula ia terbang.

    Allah berfirman kepada malaikat tersebut, “Sesungguhnya Aku telah menjadikan engkau memiliki kekuatan yang sebanding dengan kekuatan 7.000 malaikat.” Malaikat itu diberikan 70.000 sayap. Kemudian, Allah menyuruh malaikat itu terbang. Malaikat itu pun terbang dengan kekuatan penuh dan sayap yang diberikan Allah ke arah mana saja yang dikehendaki Allah. Sesudah itu, malaikat tersebut berhenti dan memandang ke arah ‘Arsy. Tetapi, ia merasakan seolah-olah ia tidak beranjak sedikitpun dari tempatnya terbang semula. Hal ini memperlihatkan betapa besar dan luasnya ‘Arsy Allah itu.

    “ ‘Arsy yaitu singgasana yang memiliki beberapa tiang yang dipikul oleh para Malaikat. Ia menyerupai kubah bagi alam semesta. ‘Arsy juga merupakan atap seluruh makhluk.”

  16. mengingatkan saya bahwa manusia sungguh kecil di hadapanNya

  17. subhanallah mengingatkan supaya jangan lupa bersyukur, dan jangan merasa bumi ini segalanya ternyata tidak.

  18. SubhanaAllah…
    begitu kecilnya kita..
    artikel ini mengajarkan pada kita semua untuk tidak sambong dan selalu bersyukur…
    terimakasih ^^

  19. Tapi jangan salah…arasy itu masih terlalu kecil, jika dibandingkan dengan kesombongan dan ketakaburan manusia. Manusia tak berarti sama sekali, tapi mengaku yang paling tinggi…naudzubillahi mindzalik…astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaiihi taubatan abdidhdholimina la yamliku linafsih dorron wala nafan wala mautan wala hayatan wala nusuuro.

  20. Ya Allah , Ampuni kesalahan kami , ya robb..

  21. Subhanallah….. sungguh tiada apa2nya manusia diantara ciptaanmu Ya Allah… namun betapa sombongnya kami terhadap keagungan Mu… astaghfirullah…. ampuni kami ya Allah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: